Cara Menampilkan Notifikasi Sebelum Meninggalkan Halaman

loading...
Selamat datang di The Royal Moringa. Mungkin sebagian dari anda pernah menjumpai sebuah pesan peringatan pada saat anda akan meninggalkan suatu halaman website yang disebabkan oleh hal-hal seperti menekan back button, forward button, refresh pages, atau mengklik link yang membawa anda ke halaman lain. Pesan peringatan tersebut berbunyi demikian, "This page is asking you to confirm that you want to leave - data you have entered may not be saved." Apa sebenarnya maksud dari pernyataan di atas?


Pesan/Notifikasi seperti ini biasanya muncul pada halaman yang memuat data seperti pengisian formulir, survei, identitas diri, atau sedang proses melakukan pembayaran dengan tujuan untuk mengingatkan anda bahwa ketika anda meninggalkan halaman situs tersebut, data yang telah anda masukkan atau isi bisa saja tidak tersimpan oleh server alias hilang. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka akan muncul pop up peringatan menanyakan apakah anda yakin untuk meninggalkan halaman tersebut (Leave Page) atau tetap berada di halaman tersebut (Stay On Page).

Nah, setelah anda sudah mengerti maksud dari persan peringatan tersebut, sekarang saya akan mengajarkan anda bagaimana cara menampilkan pesan notifikasi tersebut pada halaman website anda. Notifikasi seperti ini bisa anda pasang pada halaman yang memuat data seperti kontak kami, survei website, dan formulir pendaftaran. Berikut adalah langkah mudah memasang kode JavaScript Alert Notification Before Leave Page.

1. Copy dan Paste kode berikut di atas </head> pada dokumen HTML anda

                                         

2. Klik Save

Setelah memasang kode script tersebut, silakan anda mencoba apakah kode script tersebut berhasil bekerja dengan baik. Demikian cara menampilkan notifikasi sebelum meninggalkan halaman website. Baca juga Triks Sederhana Menonaktifkan Back Button pada Halaman Web
loading...

Post a Comment

0 Comments