Triks Sederhana Menonaktifkan Back Button pada Halaman Web

loading...
Selamat datang di The Royal Moringa. Pada kesempatan ini, saya akan membagikan informasi bagi anda mengenai cara menonaktifkan tombol go back (disable back button) pada suatu halaman menggunakan JavaScript.


Tujuan Menonaktifkan Back Button

Memblokir tombol kembali ke halaman sebelumnya biasanya dapat dimanfaatkan oleh pemilik blog/website untuk hal-hal sebagai berikut.
  • Menghindari pengulangan data pada formulir website (web form) agar tidak terjadi entri/masukan ganda
  • Menghindari permasalahan kerja pada suatu aplikasi
  • Memberikan keamanan pada data dari pencurian 
Melakukan penonaktifan back button pada suatu halaman dapat dilakukan dengan cara menambahkan kode JavaScript berikut pada halaman tersebut. Agar anda mengerti lebih mudah, saya akan menjelaskannya dengan permisalan.

Misal : anda memiliki dua buah halaman yaitu halaman 1 dan halaman 2. Halaman 1 memiliki hyperlink yang membawa anda menuju ke halaman 2. Anda menginginkan supaya pengguna yang sudah berada di halaman 2 untuk tidak kembali ke halaman 1 maka kode script berikut anda letakkan pada halaman 1

Silakan letakkan script berikut di atas </head> pada dokumen HTML halaman 1 yang anda miliki

                                     

Setelah memasang kode script tersebut, silakan anda mencoba apakah kode script tersebut berhasil bekerja dengan baik. Fitur menonaktifkan back button ini pada umumnya dapat berfungsi pada web browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan Google Chrome. Demikian triks sederhana untuk menonaktifkan tombol go back pada halaman website. Semoga dapat membantu anda..
loading...

Post a Comment

0 Comments