Apakah Website Anda Sudah Mobile Friendly? Cek Cara Mengetahuinya Disini

loading...
Selamat datang di The Royal Moringa. Terkadang masih banyak diantara kita yang masih bingung apakah website sudah responsive bila ditampilkan di versi mobile. Seringkali kita menambahkan widget-widget baru di luar widget yang disediakan dari template yang sedang kita pakai baik itu widget subscribe box, footer, gallery, feature widget, dan lain sebagainya. Penambahan widget baru tanpa disertai pengaturan CSS yang baik dapat memengaruhi penampilan dari website kita baik ditampilkan versi desktop ataupun mobile. Mungkin tampilan situs anda di versi desktop tampak baik tapi belum tentu dilihat di ponsel (mobile view) tampilan itu rapi dan teratur bisa saja tidak responsive.


Website dikatakan tidak responsive atau mobile friendly (khusus untuk versi mobile) dapat dilihat dari beberapa ciri fisik diantaranya :

1. Munculnya Scrollbar Horisontal. Scrollbar horisontal dapat muncul apabila widget yang anda pasang memiliki lebar (width) yang melebihi batas ukuran tampilan layar atau juga bisa pengaturan widget yang tidak tepat.

2. Loading Website Lama. Jika anda mengunjungi sebuah website yang memerlukan waktu loading yang cukup lama baik untuk sebagian atau keseluruhan halaman dapat menandakan bahwa website anda tidak responsive dengan catatan koneksi internet anda waktu itu stabil.

3. Ada Widget yang Tidak Muncul. Kesalahan pada waktu pemasangan sebuah widget dapat berakibat tidak munculnya widget tersebut saat halaman web dibuka. Hal ini menjadikan website anda menjadi tidak responsive.

4. Menu Navigasi Tidak Sempurna. Pada versi desktop hal ini bisa ditandai dengan hilangnya sebuah menu navigasi, tidak munculnya semua menu navigasi dan lain sebagainya. Sedangkan pada versi mobile biasanya ditandai dengan tidak adanya mobile menu (menu navigasi khusus untuk tampilan mobile).

5. Layout yang Buruk. Layout website dapat dikatakan buruk misalnya jika ada widget yang bertumpuk, penempatan dan penggunaan tombol navigasi yang tidak tepat, dan pemasangan widget yang tidak sempurna. Pemasangan widget tidak sempurna ditandai dengan pemasangan widget yang terlalu lebar kemudian diberi kode script overflow hidden maka jadinya widget tersebut akan terpotong bila ditampilkan.

Apakah website anda memiliki ciri-ciri di atas? Jika tidak ada, maka dapat dikatakan website anda responsive. Selamat ya! Lalu, bagaimana jika ada salah satu ciri di atas pada website anda? Hmm..anda perlu membenahi lagi tampilan website anda dengan baik.

Nah, untuk mempermudah pengecekan apakah website kita sudah mobile friendly atau belum, kita tidak perlu memeriksanya manual karena kita bisa mengeceknya secara online. Berikut langkah-langkah mengeceknya.

1. Buka terlebih dahulu situs pengecekan apakah website anda mobile friendly disini
2. Pada halaman tersebut, silakan anda ketikkan url website anda pada kotak yang tersedia > klik Run Test 3. Setelah itu silakan anda lihat hasilnya

Bagaimana? Apakah website anda sudah mobile friendly? Semoga artikel kali ini dapat memberikan anda informasi bagaimana cara cek apakah website kita sudah mobile friendly. Terima kasih telah membaca!
loading...

Post a Comment

0 Comments