Cara Mudah Mengubah Font Tulisan di Postingan Blog

loading...
Selamat datang di The Royal Moringa. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengganti jenis huruf atau font pada postingan blog kita. Selama ini kita menulis postingan di situs blog kita hanya tersedia beberapa pilihan jenis huruf yaitu Arial, Courier, Georgia, Helvetica, Times, Trebuchet, dan Verdana sedangkan font default pada umumnya adalah serif. Kalau kita download template blog di website luar biasanya font defaultnya berbeda-beda tergantung templatenya masing-masing. Kadangkala kita menemui font tersebut kurang sesuai dengan keinginan kita atau dengan kata lain kurang bagus. Bisakah kita mengganti font tersebut? Jawabannya tentu saja bisa. Berikut langkah-langkah untuk mengganti font tulisan di postingan blog.


1. Buka situs Google Fonts disini 

2. Anda akan menjumpai banyak sekali pilihan jenis huruf, silakan anda pilih satu atau beberapa jenis huruf yang anda sukai > Klik tanda plus (+) 

3. Pada bagian bawah akan muncul tulisan "1 Family Selected" (nominal sesuai dengan jumlah font pilihan) kemudian klik > disana akan tampak link font yang telah anda pilih seperti contoh berikut 
<link href="https://fonts.googleapis.com/css?family=Abel" rel="stylesheet"> 
kemudian copy kode tersebut
 
4. Login ke akun blog anda > Pada dashboard pilih Theme > Edit HTML

5. Pastekan kode tadi sebelum <b:skin>. Langkah yang sama perlu anda lakukan jika anda memilih lebih dari satu font

6. Selanjutnya pada keyboard tekan CTRL+F > ketik .post-body > setelah ketemu, disana anda akan menemukan pengaturan tentang font family, setelah itu ganti font yang ada di sana dengan nama font yang baru saja anda pilih tadi > letakkan font anda pada urutan pertama > Save Theme dan lihat hasilnya

Banyak orang yang belum paham cara mengganti font pada postingan blog sehingga mereka langsung menggantinya dengan menuliskan nama font pada menu HTML saat lagi menulis artikel. Perlu diketahui bahwa mengganti tulisan font baik untuk postingan atau keseluruhan blog harus disertai penambahan link source dari font tersebut. Jangan lupa, untuk mengaktifkan font tulisan yang baru saja anda tambahkan pastikan pada saat anda menulis post, font berada pada pilihan default. Demikian artikel kali ini, semoga dapat membantu anda. Jika ada yang perlu ditanyakan silakan bertanya. Terima kasih telah membaca!
loading...

Post a Comment

2 Comments

  1. kalo yang di blog ini pake font apa kak?

    ReplyDelete
  2. Penjelasan ini malah bikin gak ngerti, nemuin sebelah mana. Ribet banget nyarinya musti dibaca dari atas ke bawah. Sebaiknya disertakan gambar jika ingin menjelaskan hal seperti ini.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)