Cara Memulai Bisnis Online dengan Affiliate Program

loading...
Selamat datang di The Royal Moringa. Setelah postingan sebelumnya mengenai cara mendapatkan uang melalui blog yang kita miliki, kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara bergabung dengan program afiliasi yang ditawarkan toko online dan situs penjualan tiket pesawat dan hotel. Dewasa ini, pembelian kebutuhan atau barang-barang tertentu sudah dilakukan secara online dimana pelanggan tidak perlu datang secara langsung ke toko yang dimaksud. Ini adalah salah satu bentuk kemudahan yang ditawarkan dengan adanya teknologi. Nah, dengan kemajuan teknologi tentu ada peluang bagi kita yang merupakan seorang blogger untuk turut campur tangan dalam bisnis mereka baik terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya dapat dilihat dari banyaknya blog yang mereview produk-produk smartphone, mobil, dan lain sebagainya. Apa yang bisa kita dapatkan dari toko-toko online sekarang ini? Selain untuk memenuhi kebutuhan belanja kita sendiri, toko online maupun situs penjualan tiket dapat menjadi peluang bisnis online tanpa modal di blog anda. Bagaimana caranya?

bisnis online melalui program afiliasi

Cara yang paling sederhana yang dapat kita lakukan adalah menjadi bagian dari program afiliasi yang ditawarkan oleh situs tersebut. Apa sih program afiliasi itu? Program afiliasi adalah program yang ditawarkan sebuah toko untuk membantu mempromosikan produk yang dijualnya melalui bantuan masyarakat seperti kita ini. Kita disini berkedudukan sebagai publisher yang membantu mengiklankan produknya. Untuk memulai bergabung dengan program afiliasi ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan.

1. Pastikan bahwa kamu telah memiliki blog/website. Jika belum punya, silakan buat terlebih dahulu.

2. Tentukan program afiliasi yang sesuai dengan tema/topik yang dibicarakan dalam blog anda. Misalnya blog anda membahas mengenai tempat wisata di Indonesia maka bergabunglah dengan program afiliasi milik situs penjualan tiket pesawat dan hotel. Jangan sampai anda bergabung dengan program afiliasi toko online yang menjual produk-produk kosmetik karena dengan ini berarti anda telah salah sasaran.

3. Carilah situs program afiliasi yang ternama atau sudah dikenal oleh masyarakat luas. Tujuannya adalah mempermudah untuk mendapat kepercayaan dari pembaca dalam melakukan pembelian produk karena mereka telah yakin bahwa situs yang dimaksud memang asli. Selain itu, tujuan lainnya adalah membantu anda mendapatkan pembayaran secara pasti karena situs mereka benar-benar serius dalam mengelola bisnis.

4. Anda perlu memperhatikan syarat dan ketentuan pada setiap program afiliasi yang ditawarkan. Tidak semua program afiliasi memberikan kebebasan bagi siapa saja untuk bergabung, ada diantara mereka yang melakukan seleksi dari publisher yang ingin mendaftar. Baca dengan baik ketentuan yang ada sehingga jangan sampai suatu saat kita merasa dirugikan.

5. Setiap situs afiliasi memberikan nominal uang yang berbeda uang setiap iklan yang ditampilkan. Ada yang diberitahu nominal uangnya ada juga yang tidak. Kalau misalnya anda bergabung dengan program afiliasi yang ditawarkan oleh situs penjualan tiket, anda tidak hanya dapat memasang banner iklan tetapi juga bisa memasang mesin pencarian tiket dengan nilai uang yang berbeda. Sistem pembayaran mereka sebagian besar sama dengan Google Adsense yaitu PPC (Pay per Click).

6. Jangan pernah menyaingkan dua atau lebih situs program afiliasi yang memiliki tema yang sama misalnya anda memasang mesin pencarian tiket pesawat dan hotel milik situs A kemudian anda memasang banner iklan tiket pesawat murah milik situs B atau bisa juga anda mereview keunggulan produk dari situs A tetapi yang anda pasang adalah iklan situs B. Itu sama saja mencla-mencle atau dalam Bahasa Indonesianya tidak konsisten. Jelas ini tidak bisa memberikan hasil yang maksimal.

7. Jika anda sudah bergabung dengan salah satu program afiliasi maka langkah selanjutnya adalah memasang kode script sesuai dengan jenis iklan yang anda pilih di salah satu bagian dalam blog anda. Seperti bagian header, sidebar, setelah postingan, atau footer. Saya sarankan jangan memasang iklan di tempat yang memudahkan orang supaya tanpa sengaja mengklik iklan tersebut atau memasang kode script lain yang memaksa orang untuk mengklik iklan karena takutnya akun anda akan dibanned dan semua saldo anda akun hangus.

8. Tips yang terakhir adalah perbanyak artikel berkualitas yang selaras dengan iklan dari program afiliasi yang ditampilkan untuk memperbanyak pengunjung blog anda dan memperbesar peluang mereka untuk tertarik dengan produk yang diiklankan.

Itu dia 8 tips cara memulai bisnis online dengan affiliate program. Pada kesempatan berikutnya, saya akan membagikan informasi mengenai cara mendaftar program afiliasi sesuai dengan topik blog anda. Selamat mencoba dan jangan lupa share cerita anda di sini jika anda telah berhasil ya!
loading...

Post a Comment

0 Comments