Cara Menjadikan Blog sebagai Passive Income

loading...
Selamat datang di The Royal Moringa. Seringkali orang-orang mendirikan sebuah blog sebagai situs untuk berbagi informasi, saran, dan pendapat tetapi ada pula orang yang membuat blog untuk mempromosikan bisnis mereka seperti berjualan makanan, buku, dan menawarkan jasa layaknya pembuatan website, menerima tawaran desain, dan lain sebagainya. Nah, kesabaran anda dalam mengembangkan sebuah blog ternyata dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menghasilkan uang secara pasif maupun aktif. Menghasilkan uang secara aktif berarti anda benar-benar fokus mengelola blog anda setiap hari sebagai sumber penghasilan utama anda seperti menawarkan produk dan jasa yang anda miliki. Sedangkan menghasilkan uang secara pasif berarti anda tidak perlu aktif setiap hari dalam blog tetapi tetap ada penghasilan yang masuk ke kantong anda. Berikut beberapa cara untuk menjadikan blog anda sebagai passive income.

blog menghasilkan uang

1. Memasang Iklan di Blog

Memasang iklan di blog anda adalah cara yang paling sering orang-orang lakukan. Langkah ini terbilang mudah karena anda tidak perlu mencari pengiklan yang akan memasang iklannya di blog anda. Hal ini berlaku bagi anda yang menggunakan layanan jasa pengiklanan seperti Google Adsense, Adbrite, Chitika, CPMfun, Bidvertiser, dan lain sebagainya yang memberlakukan sistem CPM, PPC, atau CPI. Bagi anda yang memasang iklan melalui jalur independen atau bahasa mudahnya iklan mandiri, anda harus dengan setia menunggu pengiklan yang akan memasang iklannya di blog anda. Menurut saya, lebih baik anda menggunakan program jasa pengiklanan yang banyak disediakan di internet. Mengapa? Pertama, anda tidak perlu bingung mencari pengiklan. Kedua, iklan yang ditampilkan bervariasi mengikuti jejak penelusuran pembaca. Ketiga, Proses pembayaran pasti dan terpercaya. Hal itu agak sulit didapat dari iklan mandiri mengingat kita tidak tahu asal usul pengiklan yang akan memasang iklan di blog kita. 

2. Mengikuti Program Afiliasi

Affiliate Program atau program afiliasi ini sebenarnya mirip dengan iklan PPC dan kawan-kawannya. Bedanya adalah program afiliasi menjadikan anda sebagai tangan pertama dalam mengiklankan produk-produk mereka sementara Google Adsense dan teman-temannya hanya sebagai perantara antara Advertiser dan Publisher. Bagaimana dengan uang yang diperoleh? kalau menurut saya, program afiliasi jauh lebih baik ketimbang PPC dari segi pembayaran.karena berdasarkan yang saya tahu mereka menetapkan pembayaran yang pasti untuk setiap iklan mereka dimana PPC memberikan nominal uang yang berbeda untuk setiap jenis iklan dan waktu pengiklanan. Disamping kelebihan itu, Program afiliasi punya kelemahan. Kelemahannnya adalah anda perlu meluangkan waktu anda untuk setidaknya mereview keunggulan-keungggulan produk mereka di blog anda. Tujuannya cuma satu agar mereka tertarik dengan ulasan anda dan kemudian mengklik salah satu iklan yang anda tampilkan. Banyak sekali program afiliasi yang ditawarkan di internet baik pembayaran dalam bentuk rupiah maupun dollar.

3. Menjual Produk

Jika anda adalah seorang penulis maka anda dapat menawarkan buku-buku yang telah anda tulis dalam bentuk e-book. Banyak sekali orang yang mencari buku-buku tentang pengetahuan ilmiah, strategi marketing, menjadi seorang entrepreneur, cara bermain saham sampai buku-buku religius tentang spiritual. Anda dapat menjadikan blog anda sebagai ladang penjualan buku-buku yang berkualitas yang menghasilkan uang. Jika anda suka mendesain, tawarkan produk-produk yang anda buat semisal jasa membuat logo dan banner. Lumayankan seandainya anda mendapat tawaran untuk membuat banner iklan dari salah satu perusahaan ternama. Tentu anda akan mendapatkan bayaran yang luar biasa. Seorang Programmer juga bisa menjual website template, jasa hosting, dan plugin untuk website. Anda tidak perlu setiap hari membuka blog anda, mereka yang akan menghubungi anda jika memerlukan jasa anda. Cuma pastikan bahwa anda telah memasang fitur 'kontak kami' di blog untuk memudahkan mereka menghubungi anda.

4. Menulis Review tentang Bisnis/Produk 

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya pada bagian Affiliate Program dimana untuk memudahkan 
agar iklan anda diminati oleh pembaca, anda perlu meluangkan waktu untuk mereview produk mereka. Nah, ternyata mereview keunggulan produk-produk tertentu juga bisa menghasilkan uang. Namanya adalah Paid to Review yaitu anda dibayar untuk setiap ulasan yang anda tampilkan di blog anda. Anda dapat mencari website yang menyediakan fasilitas ini dan pastikan anda melihat ulasan-ulasan orang lain mengenai situs mereka karena tidak semua benar-benar serius dalam memberikan bayaran alias abal-abal. Terus terang saya belum pernah mencoba cara ini, jadi sekali lagi saya sarankan anda memilih situs yang benar-benar terbukti membayar penggunanya.
 
Sebenarnya masih banyak cara untuk menghasilkan uang melalui blog tetapi perlu diingat yang terpenting bukanlah cara apa yang akan digunakan tetapi sejauh mana kesabaran dan ketelatenan anda dalam mengelola blog karena jika anda mau cepat & langsung mendapatkan uang secara instan, saya yakin anda justru akan menemui kegagalan. Terlepas dari semua keuntungan yang didapat, setiap cara pasti memiliki kelemahan. Maka dari itu, jangan pernah putus asa jika percobaan demi percobaan anda untuk mendapatkan uang melalui blog gagal. Saran saya adalah selalu berpikir positif...Selamat Mencoba!
loading...

Post a Comment

0 Comments