2 Cara Mudah untuk Membuat Dokumen PDF

loading...
Selamat datang di The Royal Moringa. Mungkin sebagian besar dari kita masih sering menggunakan Microsoft Word untuk membuat file dokumen, laporan, tugas-tugas, dan lain sebagainya. Sebenarnya, untuk membuat file dokumen tidak hanya bisa dilakukan melalui Microsoft Word tapi juga bisa melalui PDF (Portable Document Format).


Mengapa Menggunakan File PDF?

Menggunakan file PDF tentu memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan word document. Jika kita memiliki file dalam bentuk PDF maka akan memudahkan pembaca untuk mengakses dokumen tersebut dan menjaga keamanan dari dokumen yang kita buat karena file PDF yang telah dibuat tidak bisa diedit kembali oleh orang lain sehingga meminimalisirkan dari penyalahgunaan dokumen. Selain itu, file PDF juga memiliki ukuran/size penyimpanan yang lebih kecil dibanding dokumen biasa.

Bagaimana Cara Membuat File PDF?

Nah, bagi anda yang ingin membuat file PDF, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan diantaranya

1. Menggunakan Aplikasi PDF Creator
  • Download aplikasi PDF Creator terlebih dahulu bagi anda yang belum memilikinya secara gratis disini
  • Setelah berhasil mendownload, silakan install aplikasi tersebut
  • Buka file MS Word yang anda buat 
  • Pada Office Button klik Print > Pada kotak dialog print bagian name pilih PDF Creator > OK
  • Kemudian muncul dialog box PDF Creator > Klik Save
  • Setelah itu muncul dialog box Save As, isikan nama file pdf yang ingin anda simpan > Save
2. Convert Word to PDF
  • Cara ini sangat mudah, pertama anda siapkan terlebih dahulu file MS Word yang berformat .doc/.docx
  • Kemudian buka PDF Converter Online disini
  • Klik Select Any File lalu pilih file word yang anda ingin ubah menjadi format pdf > Open
  • Tunggu beberapa saat sampai file anda selesai dikonversi > Download 
Bagaimana? Sangat mudah kan untuk membuat file PDF.. Setelah saya mencoba 2 cara tersebut, saya menyimpulkan bahwa sebenarnya tidak ada aplikasi khusus untuk membuat file PDF, yang ada hanya aplikasi untuk mengkonversikan file dokumen tersebut. Pertama kali saya mencoba menggunakan PDF Creator, saya berpikir bahwa ini adalah aplikasi khusus layaknya MS Word dimana kita mengetikkan dokumen dengan format penyimpanan yang berbeda ternyata setelah saya mencoba, PDF Creator hanyalah aplikasi yang membantu kita untuk memberikan format penyimpanan berupa .pdf sedangkan proses pengetikkan tetap dilakukan pada MS Word atau aplikasi yang serupa.

Ketika anda sudah memiliki file PDF, anda tidak bisa lagi membuka atau membaca file tersebut dengan menggunakan MS Word tetapi anda bisa membuka file tersebut dengan bantuan aplikasi bernama Adobe Reader yang dikhususkan untuk membaca file berformat .pdf. Semoga artikel ini dapat membantu anda. Terima kasih telah membaca!
loading...

Post a Comment

0 Comments